Futsal

10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Buat Kamu yang Belum Tahu

Ada setidaknya 10 perbedaan futsal dan sepak bola. Kita tahu sepak bola adalah induk dari futsal. Dua permainan ini sama-sama memakai kaki, dan masih banyak lagi kesamaan lainnya.

Tapi kalau ada kesamaan, pasti ada perbedaan. Nah kalau begitu apa perbedaan mendasar antara futsal dan sepak bola?

Berikut setidaknya 10 perbedaannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 5 Aturan Sepak Bola Akan Diubah, Jadi Mirip Futsal Lho

RUANG, KECEPATAN, DAN LAPANGAN

Beda paling kentara antara dua olahraga ini adalah ruang. Futsal biasanya dimainkan indoor, sementara sepak bola outdoor.

Kecepatan dalam permainan futsal juga lebih tinggi dibandingkan sepak bola. Hal itu karena ukuran lapangan yang lebih kecil.

Kemudian permukaan lapangan juga berbeda. Futsal memakai lantai, sementara sepak bola rumput.

WASIT UTAMA

Di sepak bola perangkat pertandingan terdiri dari 1 wasit utama dan 2 asisten wasit. Kalau di futsal ada dua wasit utama.

Kalau di sepak bola wasit utama jalur larinya menyilang dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan. Untuk futsal dua wasit daerah operasinya adalah tepi lapangan timur dan barat.

Sedangkan untuk wasit cadangan sama-sama ada 1. Di sepak bola ada VAR, di futsal juga ada Video Support. Semua dioperasikan oleh tim wasit.

DURASI PERTANDINGAN

Laga futsal dibagi ke dalam dua babak, sama dengan sepak bola. Tapi bedanya terletak pada durasi.

Di futsal pertandingan dimainkan dua babak. Dengan masing-masing babak memiliki durasi 20 menit bersih. Tiap bola offplay, maka stopwatch juga berhenti.

Di sepak bola pertandingan dibagi dua babak, dengan masing-masing babak berdurasi 45 menit. Waktu 45 menit juga kotor, sehingga ada durasi untuk injury time.

AKUMULASI PELANGGARAN

Dalam permainan futsal ada akumulasi pelanggaran. Kalau sebuah tim melakukan enam kali pelanggaran dalam di setiap babak, maka wasit akan menjatuhkan penalti dari titik kedua.

Momen penalti dari titik kedua ini bisa juga disebut tendangan bebas langsung. Pemain harus menembak ke arah gawang, dengan kiper boleh maju sampai bola ditendang.

Kalau di sepak bola tidak ada batas jumlah pelanggaran. Tidak heran bila sebuah tim bisa tercatat melakukan belasan atau malah puluhan kali.

Baca Juga: Ini 5 Wasit Wanita di Piala Dunia Futsal 2021

OFFSIDE

Peraturan ini hanya ada di sepak bola. Momennya ketika pemain yang menyerang posisinya melebihi pemain bertahan terakhir.

Kalau di futsal sama sekali tidak ada aturan offside. Jadi posisi pemain menyerang bisa menggantung di depan.

Maka itu di sepak bola setiap tim punya taktik jebakan offside. Tapi kalau di futsal tidak bisa.

RESTART

Ada dua momen mendasar dalam restart futsal. Yaitu ketika bola dalam penguasaan kiper setelah off-play dan tendangan ke dalam ketika bola keluar.

Kiper harus sudah melepas bola dalam detik keempat setelah menangkap bola. Tendangan ke dalam juga harus cepat.

Kalau di sepak bola restart yang dilakukan adalah lemparan ke dalam. Kiper juga harus segera menggulirkan bola setelah dikuasai tangan, tetapi batas minimalnya adalah 6 detik.

PERGANTIAN PEMAIN

Di futsal jumlah pergantian pemain tidak terbatas. Pemain yang keluar juga boleh masuk lagi. Momen masuk dan keluar juga bisa dilakukan bersamaan.

Di sepak bola, jumlah pergantian pemain dibatasi. Pada umumnya adalah tiga pergantian pemain. Walaupun di masa pandemi ini ditambah menjadi lima.

Tapi di sepak bola pemain yang sudah keluar, tidak boleh masuk lagi. Jadi sangat berbeda dengan futsal.

PENALTI

Dalam sepak bola tendangan penalti dilakukan dari satu titik yang jaraknya 12 meter dari gawang.

Kalau di futsal titik penalti pertama jaraknya 6 meter dari gawang. Perbedaan ini dimungkinkan karena ukuran lapangan futsal dan sepak bola memang berbeda.

JUMLAH PEMAIN

Ini juga perbedaan yang mencolok. Bahwa di futsal jumlah pemain di lapangan hanya 5 orang. Kalau di sepak bola ada 11 orang.

Jumlah pemain yang hanya 5 orang di lapangan ini, membuat futsal seperti basket. Kalau sepak bola lebih familier dengan olahraga berombongan.

TIME OUT

Di futsal setiap tim yang bertanding punya hak meminta time out. Banyaknya satu kali pada setiap babak. Jadi dalam satu pertandingan punya hak dua kali minta time out.

Kalau di sepak bola tidak ada time out. Paling banter hanya ada waterbreak, itupun kalau pertandingan digelar dalam cuaca yang sangat panas.

Demikian 10 perbedaan futsal dan sepak bola. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button