Olympic

28 Atlet Indonesia Raih Tiket ke Olimpiade Tokyo

28 Atlet Indonesia sudah memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo. Mereka akan bertanding di ajang empat tahunan itu mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Mereka yang lolos merupakan wakil dari bulutangkis sebanyak 11 orang. Lalu ada dua dari atletik, ditambah empat wakil panahan.

Baca juga: Menpora Pastikan Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo Dapat Bonus

Cabang olahraga menembak juga menyumbang satu yang lolos. Kemudian dua dari dayung, lima dari angkat besi, satu orang dari surfing, dan renang dua orang.

28 atlet Indonesia yang lolos itu disebutkan sudah melebihi target awal. Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyebut awal target mereka adalah 22.

“Tahun ini, alhamdulillah, kami bisa memberangkatkan 28 atlet yang sudah lolos kualifikasi (Olimpiade),” kata Oktohari dalam temu media virtual di Jakarta, Selasa 29 Juni 2021.

“Insya Allah, sesuai dengan rapat terakhir dengan Kemenpora, kita akan mencapai posisi 40 besar di Tokyo. Kami tidak menggunakan patokan (perolehan) medali, tetapi peningkatan peringkat dari posisi ke-46 di Olimpiade 2016 Rio menjadi posisi ke-40,” sambung dia.

KOI juga akan memberangkatkan satu orang tambahan dari cabang olahraga surfing, yakni I Ketut Agus Aditya Putra. Sebab dia dapat undangan langsung dari Federasi Surfing International (ISA).

Baca juga: Indonesia Jaga Semangat Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Dia akan jadi pengganti jika ada peserta yang lolos kualifikasi, tapi batal mengisi slot di Olimpiade Tokyo nanti.

“Sebenarnya dari surfing, Ketut tetap akan kami berangkatkan karena itu sudah regulasi dari ISA seandainya ada yang gagal (berangkat ke Tokyo), ada penggantinya. Nah, Ketut ini ada di daftar pengganti,” jelas Okto.

Sumber foto: NOC Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button