Futsal

Bayu Saptaji Ajak Pemain Futsal Belajar Tangani Kolaps di Lapangan

Bambang Bayu Saptaji mengaku ingin belajar pertolongan pertama, jika terjadi pemain kolaps di lapangan. Hal ini dipicu kejadian gelandang Denmark di Piala Eropa 2020, Christian Eriksen.

Dia merupakan andalan Timnas Futsal Indonesia dan Halus FC yang berkompetisi di Liga Futsal Pro. Dia merupakan salah seorang pemain paling senior.

Kepada SatuIna, Bayu Saptaji atau biasa disebut BBS, mengungkapkan betapa dirinya masih kurang ilmu bila menghadapi situasi seperti pertandingan Denmark vs Finlandia itu.

“Ya pasti sih panik. Sampai sekarang jujur ingin belajar soal pertolongan pertama, kalau ada pemain kolaps di lapangan,” katanya dalam wawancara via sambungan telepon.

Baca Juga: Live Streaming Bikin Bayu Saptaji Kangen

Ia lalu bercerita kalau pernah ada kejadian pemain kolaps di lapangan saat berlangsungnya liga futsal.

“Dulu ada namanya Ewok pemain SKN yang seperti itu. Beruntung ada pemain Pegasus, Ivan Cahyadi, yang sigap melakukan pertolongan pertama,” cerita dari dia.

HARUS PUNYA PENGETAHUAN

Maka itu Bayu Saptaji mengusulkan kepada Federasi Futsal Indonesia (FFI) atau penyelenggara kompetisi futsal, baik profesional maupun amatir, memberi bekal pengetahuan buat pemain.

“Setiap pemain wajib punya pengetahuan pertolongan pertama. Baiknya ada pelatihan atau seminar mengenai keselamatan bermain, sebelum kompetisi dimulai,” tutur Bayu Saptaji.

Baca Juga: 5 Pemain Futsal dengan Followers Terbanyak di Dunia

Usul itu dirasa masuk akal karena bila terjadi apa-apa di lapangan, maka yang pertama kali bisa melakukan pertolongan pertama adalah pemain lain. Karena merasa sama-sama ada di lapangan.

“Jadi pemain harus punya persiapan mengenai penanganan atau pertolongan pertama, misalnya ada yang mengalami henti jantung,” kata pemain yang pernah bermain di Liga Futsal Cina tersebut.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button