BINTANG Timur Surabaya FC tampil sebagai juara AFF Futsal Cup 2022. Ini setelah di final mereka mengalahkan Hongyen Thakam.

Dalam pertandingan final di Terminal 21 Korat, Nakhon Ratchasima, Sabtu (10/9/2022), BTS menang 4-2 atas Hongyen Thakam yang bertindak sebagai tuan rumah dalam ajang ini. Sukses ini merupakan sejarah karena baru sekarang tim asal Indonesia keluar sebagai juara di pentas internasional.

Tiga gol BTS dalam pertandingan tadi dihasilkan Samuel Eko pada menit ke-11, Edinson Coelho menit 15 dan 36, kemudian Andri Kustiawan menit ke-30. Empat gol ini menahbiskan BTS sebagai tim futsal terbaik di AFF.

Hongyen Thakam bukannya tanpa perlawanan. Tim yang mengalahkan BTS di penyisihan grup itu, terus memperlihatkan permainan ketat.

Namun hanya dua gol yang mampu dihasilkan tuan rumah. Gol diciptakan Ampol Sriragaew menit ke-18 dan Keattisak Songkhrao menit ke-22.

Bagi pelatih BTS, Hector Souto, merupakan gelar juara kedua pada tahun ini. Setelah sebelumnya membawa tim asal Surabaya tersebut menjadi juara Liga Futsal Pro 2021.

Manajer BTS FC, Dimas Bagus Agung Kurniawan, mengatakan keberhasilan menjadi juara ini memberi semangat besar kepada tim. Terutama dalam menghadapi persaingan di tingkat Asia, tahun depan.

Sebagai juara Liga Futsal Pro 2021, BTS berhak mewakili Indonesia ke AFC Futsal Club Championship 2023. Maka itu performa di AFF ini, menjadi tolok ukur untuk persaingan ke depan.

“Jadi juara di AFF Futsal Cup 2022 ini sudah sesuai dengan target. Sebelum berangkat kami sudah bertekad untuk menjadi yang terbaik,” kata Dimas Bagus, yang juga manajer Timnas Futsal Indonesia itu.

Gelar juara BTS di Thailand ini makin lengkap dengan status topscorer yang disandang Andri Kustiawan dan Samuel Eko. Kiper Nazil Purnama juga terpilih menjadi yang terbaik.*

Share on