Olympic

Daftar Olahraga Indonesia yang Mendunia, Bikin Kita Bangga!

Daftar olahraga Indonesia yang mendunia bisa disimak dalam artikel ini.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan pemandangan alam dan budaya. Dua hal itu sudah terkenal seantero dunia.

Tapi jangan lupakan pula kalau Indonesia adalah negara yang juga sarat dengan kesenian dan olahraga.

Baca Juga: Daftar Juara Piala Dunia Futsal dari 1989 hingga 2016

Baca Juga: Liga Futsal Pro 2021 Diikuti 12 Tim, Berikut Daftarnya

Nah, apa saja olahraga Indonesia yang mendunia? Berikut disajikan berbagai olahraga nusantara yang telah mendunia, seperti disarikan dari berbagai sumber:

Pencak Silat

Olahraga Indonesia yang mendunia ini merupakan suatu seni bela diri tradisonal dari Nusantara. Pencak silat secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, hingga Thailand.

Pada 13 Desember 2019 Pencak Silat ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia. Indonesia terus mengkampanyekan pencak silat, supaya diterima dan dipertandingkan di Olimpiade.

Pacu Jalur

Aktivitas olahraga ini erat kaitannya dengan dayung. Pacu jalur adalah lomba mendayung di sungai dengan memakai perahu panjang, yang terbuat dari kayu pohon.

Panjang perahu untuk pacu jalur bisa mencapai 25-40 meter. Sedangkan lebarnya bisa 1,3 meter sampai 1,5 meter. Secara tradisional olahraga pacu jalur ini banyak digelar di Kuantan Singingi, Riau. Maka itu Pacu Jalur menjadi salah satu olahraga Indonesia yang mendunia.

Sepak Takraw

Olahraga yang mendunia ini sudah ada di Kesultanan Melayu, Sulawesi Selatan, pada abad ke-15. Permainan sepak takraw mirip voli, tetapi memakai kaki dan kepala, atau bagian tubuh lainnya, tetapi dilarang memakai tangan.

Sepak takraw sudah dipertandingkan di SEA Games, bahkan Asian Games. Tapi perjuangan untuk masuk Olimpiade masih panjang. Butuh lobi kuat untuk memasukkannya ke pesta olahraga dunia tersebut.

Tarung Derajat

Ada lagi olahraga bela diri asli Indonesia, yaitu Tarung Derajat. Olahraga ini sudah diakui banyak negara di dunia, sehingga dimainkan di mana-mana.

Tarung Derajat merupakan seni bela diri khas Sunda. Penciptanya adalah Achmad Dradjat. Olahraga ini merupakan campuran pertarungan jalanan dengan bela diri lainnya.

Demikian informasi daftar olahraga Indonesia yang mendunia.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button