Sepakbola

Ditendang Rep Ceko, Belanda Tersingkir dari Piala Eropa 2020

Belanda tersingkir secara menyakitkan dari Piala Eropa 2020. Mereka ditendang Republik Ceko di babak 16 besar, Minggu 27 Juni 2021 kemarin.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Belanda merana pada babak kedua setelah kartu merah buat Matthijs de Ligt.

Bek tengah dari Juventus itu diusir wasit pada menit ke-52. Setelah itu Republik Ceko bisa dominan, yang terbukti mampu mencetak gol kemenangan.

Dalam pertandingan itu Republik Ceko menang 2-0 atas Belanda. Angka yang signifikan dalam hasil sebuah laga.

Baca Juga: Reaksi Pelatih Timnas Futsal Vietnam Setelah Undian Piala Dunia Futsal 2021

Baca Juga: Belanda Lolos 16 Besar Piala eropa 2020 sebagai Juara Grup

Gol Rep. Ceko diciptakan Tomas Holes pada menit ke-68. Kemudian Patrik Schick menambahinya pada menit ke-80.

Belanda sudah berupaya keras untuk bisa mengejar ketertinggalan. Tapi sekeras usaha yang dilakukan, tetap tidak mampu mencetak gol.

Matthijs de Ligt Minta Maaf

Selesai pertandingan Matthijs de Ligt meminta maaf kepada seluruh rekan satu tim. Menurutnya kartu merah adalah sumber petaka Belanda tersingkir.

“Tentu saja rasanya tidak enak. Karena pada dasarnya kami kalah akibat perbuatan saya,” kata Matthijs de Ligt.

“Kalau dipikir-pikir tidak seharusnya saya membiarkan bola memantul. Kartu merah jelas memberi perbedaan,” dia menambahkan.

Komentar Frank de Boer

Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, memberi analisis kenapa timnya menelan kekalahan. Dia mengungkapkan meski Belanda tersingkir, tetapi dalam permainan tetap dominan, walaupun akhirnya kalah.

“Republik Ceko adalah lawan yang sulit. Tapi saya pikir kami bermain lebih baik, sampai akhirnya kartu merah itu keluar,” tutur Frank de Boer.

“Dalam setiap kasus, pertandingan seperti ini bisa berakhir baik buat tim yang dominan atau malah sebaliknya,” ujar dia.

Kata Kapten Belanda

Sementara kapten Belanda, Georginio Wijnaldum, ikut menyalahkan momen kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt. Seandainya tidak ada kartu merah, semuanya bisa berbeda.

“Setelah kartu merah, kami merasa sulit untuk membuat Rep Ceko berada di bawah tekanan,” ujar Georginio Wijnaldum.

“Pada akhirnya kartu merah membuat kami menjadi sulit segalanya,” dia menambahkan.

Komentar Pencetak Gol

Patrik Schick sebagai salah seorang pencetak gol yang membuat Belanda tersingkir mengatakan kemenangan ini sungguh istimewa. Pasalnya didapat atas Belanda yang notabene tim unggulan.

“Tidak ada yang lebih baik lagi, luar biasa. Tidak ada yang menyangka kami bisa sejauh ini. Mengalahkan Belanda adalah hal yang fantastis,” tuturnya.

Di babak perempat final Rep Ceko akan menghadapi Denmark. Kemarin Dinamit Denmark menyingkirkan semifinalis 2006, Wales.***

Sumber: UEFA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button