Sepakbola

Duka Sepakbola Indonesia, Investigasi Wajib Dilakukan

Sepakbola Indonesia kembali berduka. Dua nyawa suporter Persib Bandung melayang saat hendak menyaksikan pertandingan Piala Presiden melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat malam WIB 17 Juni 2022.

Para penonton berdesakan saat hendak masuk ke Stadion GBLA. Hal itulah yang kemudian memicu kepadatan dan akhirnya dua penonton kehilangan nyawa.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya dua suporter. Dia amat menyayangkan hal ini terjadi, padahal saat ini sepakbola Indonesia sudah mulai ada penonton langsung di stadion.

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepakbola di Bandung,” kata Amali kepada wartawan, Sabtu 18 Juni 2022.

“Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepakbola baru saja diizinkan untuk dihadiri langsung penonton di stadion,” imbuhnya.

Amali meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk menginvestigasi perihal ini. Evaluasi juga harus dilakukan terkait prosedur pengamanan di stadion.

“Saya meminta kepada PSSI dan PT LIB untuk melakukan investigasi terhadap insiden ini, selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion saat itu,” tutur Amali.

Piala Presiden 2022 memunculkan duka. Panitia pelaksana pertandingan harus bisa bekerja dengan maksimal, mengingat gelaran pramusim ini masih menyisakan banyak pertandingan.

“Tidak boleh terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus digelar. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan di setiap pertandingan,” ujarnya.

Yang menjadi kecurigaan saat ini adalah jumlah penonton. Sejak awal panitia pelaksana pertandingan cuma menyiapkan 15 ribu tiket, tapi kenapa yang masuk bisa sampai hampir 40 ribu orang.

Sumber foto: Instagram

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button