Sepakbola

Final Olimpiade Tokyo: Brasil Raih Medali Emas, Spanyol Dapat Perak

Final Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga sepakbola putra mempertemukan Brasil vs Spanyol. Kedua tim bentrok di International Stadium, Yokohama, Jepang pada Sabtu malam WIB 7 Agustus 2021.

Brasil dan Spanyol memulai permainan dengan terbuka sejak menit awal. Mereka terlihat tak mau kehilangan dominasi dan malah nantinya tertekan.

Baca juga: Fakta Menarik Fase Grup Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020

Peluang demi peluang bisa tercipta di babak pertama, tapi baru pada menit 37 yang benar-benar berbahaya karena Brasil mendapat hadiah penalti dari wasit.

Penalti itu diberikan wasit setelah memantau video assistant referee (VAR). Ada pemain Spanyol yang melanggar Matheus Cunha ketika berada di dalam kotak penalti.

Sayangnya peluang emas itu tak bisa dimaksimalkan oleh Brasil. Tendangan Richarlison yang bertugas sebagai eksekutor masih melenceng dari sasaran.

Spanyol lengah di pengujung babak pertama. Matheus Cunha yang mendapatkan bola melihat celah kosong. Dia melepaskan tendangan ke sudut kanan bawah dan membuat bola bersarang ke dalam gawang Unai Simon.

Dalam keadaan tertinggal, Spanyol memulai babak kedua dengan permainan menyerang yang agresif. Hasilnya mereka dapatkan pada menit 61.

Carlos Soler yang masuk sebagai pemain pengganti melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Di sana sudah ada Mikel Oyarzabal yang meneruskan dengan sempurna.

Baca juga: Brasil Bungkam Jerman 4-2, Richarlison Cetak Hattrick Gol

Skor imbang membuat pertandingan berjalan dengan sengit kembali. Brasil mulai mempertahankan dominasi atas bola untuk menekan pertahanan Spanyol.

Dari kubu Spanyol, mereka memberi ancaman dengan serangan balik cepat ketika berhasil mencuri bola. Peluang kembali banyak tercipta di babak kedua.

Sayangnya, hingga wasit meniupkan peluit tanda 90 menit waktu normal usai, tak ada lagi gol tercipta. Akhirnya laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak tambahan berlangsung seru. Lagi-lagi saling jual beli serangan terus terjadi. Tapi pada menit 108, Brasil berhasil mencetak gol keunggulan.

Sebuah serangan balik cepat dari Brasil diakhiri Malcom dengan tendangan terukur ke arah gawang Spanyol. Gol yang membuat Tim Samba menjadi pemenang di final Olimpiade Tokyo 2020.

Dengan hasil ini, Brasil menjadi peraih medali emas cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020. Skor 2-1 jadi hasil kemenangan mereka atas Spanyol.

Susunan Pemain

Brasil: Santos; Diego Carlos, Nino, Guilherme Arana, Dani Alves, Matheus Cunha (Malcom 91′), Bruno Guimaraes, Douglas Luiz, Richarlison (Paulinho 114′), Claudinho (Reinier 106′), Antony (Gabriel Menino 112′).

Spanyol: Unai Simon; Pau Torres, Eric Garcia, Marc Cucurella (Juan Miranda 91′), Oscar Gill (Jesus Vallejo 91′), Martin Zubimendi (Jon Moncayola 112′), Pedri, Mikel Merino (Carlos Soler 46′), Mikel Oyarzabal (Rafa Mir 104′), Dani Olmo, Marco Asensio (Bryan Gil 46′).

Sumber foto: Twitter

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button