Olympic

Indonesia Tuan Rumah World Beach Games 2023

INDONESIA berpeluang besar menjadi tuan rumah World Beach Games 2023. Dengan catatan sudah lepas dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia atau WADA.

Cabor yang diselenggarakan di kejuaraan dunia pantai itu semuanya non-Olimpiade. Jadi ada 10 cabor yang siap digelar pada ajang 2023 mendatang.

Adapun cabor yang bakal dipertandingkan di kejuaraan dunia pantai 2023 adalah renang perairan terbuka 5 km, polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, kata karate individu, layang-layang, tenis pantasi, aquathlon, voli pantai 4×4, dan gulat pantai.

Kejuaraan dunia pantai merupakan ajang yang dimiliki Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC). NOC atau KOI Indonesia menjadi salah satu anggotanya.

Baca Juga: Thailand Target 3-4 Bulan Bebas dari Sanksi WADA

“Keputusan World Beach Games 2023 di Indonesia, diharapkan bisa mempercepat upaya Lembaga Anti-Doping Indonesia atau LADI, memperbaiki masalah yang disorot WADA,” kata Olivier Niggli, Dirjen WADA.

Utusan ANOC akan datang ke Indonesia, untuk memeriksa kesiapan menjadi tuan rumah World Beach Games 2023. Ajang ini pertama kali digelar pada 2019 di Qatar.

ANOC baru saja selesai menggelar sidang umum pada hari ini. Berlangsung di Kreta, Yunani. Untuk Rusia, Australia, dan Cina Taipei, telah menyatakan minat jadi tuan rumah pada 2025.

Baca Juga: AFF Futsal 2021 Batal Digelar Karena Sanksi WADA

Kemudian Arab Saudi ingin menjadi tuan rumah pada 2027. Sedianya World Beach Games edisi kedua digelar pada 2021, tapi akhirnya ditunda ke 2023.

Bidding tuan rumah World Beach Games 2023 dibuka pada Agustus lalu. Hong Kong dianggap sebagai salah satu favorit menjadi tuaan rumah.

Tapi ternyata sidang umum ANOC malah memilih Indonesia, yang saat ini masih terbelenggu sanksi dari WADA.

Namun perlu diingat keputusan Indonesia sebagai tuan rumah ini tergantung, sudah lepas dari sanksi dari WADA atau belum. Sanksi berdurasi 1 tahun terhitung sejak 8 Oktober 2021.

Sanksi bisa ditangguhkan sebelum satu tahun, jika Indonesia sudah membereskan masalah dengan WADA. Skors 1 tahun juga bisa diperpanjang kalau Indonesia belum keluar dari masalah dengan WADA.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button