Futsal

Ini Kendala Wasit Futsal Indonesia Belum Bisa Tembus Level Piala Dunia

Beberapa waktu lalu FIFA telah mengumumkan 39 wasit yang dipercaya bertugas di Piala Dunia Futsal 2021. Tidak ada wasit futsal dari Indonesia di sana. Kejuaraan dunia nanti berlangsung di Lithuania, 12 September-3 Oktober.

Jangankan di level Piala Dunia Futsal, untuk laga internasional misalnya kejuaraan regional, pengadil futsal Indonesia juga sulit bersaing untuk mendapatkan kesempatan dari AFC.

Hal itu membuat para wasit Indonesia menjadi tambah sulit untuk berkembang. Pasalnya mereka belum mendapatkan kepercayaan atau kesempatan dari AFC.

Lalu apa kendalanya?

Ahmad Suparman, instruktur wasit asal Indonesia yang juga Anggota Komite Wasit Federasi Futsal Indonesia, coba menguraikan alasannya.

Baca Juga: 5 Wasit Wanita di Piala Dunia Futsal 2021

Baca Juga: Persiapan Liga Futsal Pro 2021 Sudah Dimulai

Menurutnya Indonesia belum bisa mengirimkan wakilnya karena ada banyak hal yang belum memenuhi persyaratan. Terutama sebagai kandidat pengadil Piala Dunia Futsal, yang prosesnya dimulai sejak tahun lalu.

“Untuk masuk jadi kandidat wasit yang bertugas di Piala Dunia Futsal saja sulit, ini disebabkan beberapa persyaratan itu malah jadi bagian dari kekurangan wasit asal Indonesia,” kata Ahmad Suparman.

“Paling utama harus terdaftar dahulu menjadi wasit FIFA elite AFC. Setelah itu yang kedua adalah jam terbang. Inilah yang belum bisa dipenuhi oleh wasit Indonesia,” ujar Ahmad Suparman.***

Sumber: Futsal Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button