Futsal

Kilas Peraturan Futsal dari FIFA yang Penting Anda Ketahui

Peraturan futsal termuat lengkap dalam Laws of The Game yang diterbitkan FIFA. Ada 17 pasal yang mengatur teknis permainan sepak bola dalam ruangan ini.

Artikel ini akan mengulas kilas peraturan futsal, yang berarti rangkuman dari keseluruhan regulasi. Hal itu supaya lebih ringkat dan mudah dipahami, seperti yang terdapat dalam Laws of The Game.

Berikut kilas peraturan futsal yang penting Anda ketahui:

JUMLAH PEMAIN FUTSAL

Berapa jumlah pemain futsal dalam laga? Dalam pertandingan ada 5 pemain yang bermain di dalam lapangan. Untuk total satu tim biasanya mencapai 14 pemain, dengan dua orang harus menempati posisi sebagai kiper.

Jumlah 5 pemain yang bermain di lapangan ini mirip basket. Hal itu tidak mengherankan karena dalam sejarahnya jumlah pemain futsal di lapangan, meniru olahraga basket.

Baca Juga: 10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Bahkan sama seperti basket, pergantian pemain dalam futsal juga tidak terbatas. Pemain yang sudah keluar juga bisa masuk lagi. Begitulah peraturan futsal.

POSISI FUTSAL

Pada dasarnya posisi futsal untuk pemain terbagi dua, yaitu pemain dan kiper. Tapi untuk pemain ada pembagian posisi lebih detail.

Misalnya pemain di posisi anchor atau jangkar. Dia bertugas sebagai pemain bertahan. Jadi lebih banyak beroperasi di lapangan bermain sendiri.

Kemudian ada flank yang berarti pemain sayap. Wilayah operasinya lebih banyak dari sisi tepi lapangan. Terakhir ada Pivot yang kalau di sepak bola adalah striker. Jadi dia banyak berdiri di jantung pertahanan lawan.

DURASI FUTSAL

Beda dengan sepak bola, durasi futsal pertandingannya lebih sedikit. Di futsal dua babak masing-masing selama 20 menit. Sehingga totalnya 40 menit.

Tapi 20 menit tiap babak ini bersih. Tiap bola dalam posisi tidak aktif, maka stopwatch dihentikan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Sesuai Peraturan Futsal dari FIFA

Maka itu waktu setengah menit saja bisa terjadi banyak drama. Persis seperti basket, bukan? Jadi futsal ini lebih menjanjikan keseruan sampai detik akhir, bila dua tim yang bertanding punya kekuatan seimbang.

TIME OUT DI FUTSAL

Dalam olahraga futsal ini setiap tim punya jatah minta time out sebanyak 1 kali tiap babak. Jadi dalam satu laga ada masing-masing 1 kali time out buat tim.

Kalau di sepak bola tidak ada time out. Paling banter hanya waterbreak. Itupun saat cuaca ketika pertandingan sangat panas.

Waktu time out selain dipakai untuk istirahat pemain sebentar, juga buat menata kembali taktik serta strategi. Pelatih harus efektif memanfaatkan waktu time out ini.

Demikian kilas peraturan futsal yang perlu Anda tahu, sesuai dengan Laws of The Game FIFA.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button