Futsal

Kisah Hijab Mewarnai Lapangan Futsal, dari Rusia, Iran, hingga Indonesia

Ini adalah kisah 6 tahun lalu, ketika Timnas Futsal Wanita Rusia bermain di Teheran. Ketika itu seluruh pemain memilih mengenakan hijab, untuk menghormati norma yang berlaku di Iran.

Skuat futsal wanita Rusia sangat tertarik untuk merasakan bagaimana mengenakan hijab saat bermain di lapangan.

Pemakaian hijab atau jilbab di dunia olahraga memang sering memecah opini. Namun Timnas Futsal Wanita Rusia memilih sepenuhnya merangkul pakaian muslim ini.

Mereka dengan bangga memakai jilbab dalam pertandingan persahabatan melawan Iran. Di Negeri Mullah itu hijab adalah pakaian wajib buat perempuan.

Baca Juga: Negara-negara Besar Futsal Dunia Akan Berkumpul di Thailand

Wanita-wanita Rusia itu bisa saja menolak bermain melawan Iran dengan memakai hijab. Tapi ternyata hal itu tidak menjadi masalah.

Pelatih Timnas Futsal Wanita Rusia saat itu Yevgeniy Kuzmin kagum dengan semangat dan keinginan para pemainnya. Mereka ingin membuktikan kalau hijab bukan halangan untuk berprestasi di lapangan futsal.

Dan, hasilnya memang mengisyaratkan begitu. Dalam dua uji coba melawan Iran, Rusia memetik hasil imnbang 3-3 dan menang 5-3.

“Iran adalah mitra tanding tradisional buat Rusia. Kami biasanya mengadakan uji coba melawan mereka pada Oktober-November,” ujarnya.

Baca Juga: Ketika Iran Pesimistis dengan Peluang di Piala Dunia Futsal 2021

Punya Hubungan Baik

Ditambahkan Yevgeniy Kuzmin bahwa orang-orang Iran bertanya apakah para pemain futsal wanita Rusia bisa memakai hijab selama pertandingan? Sekalian untuk mempromosikan futsal di Iran.

“Rusia punya hubungan baik dengan Iran, jadi para pemain memutuskan bermain memakai jilbab. Tim futsal wanita Iran memberi para pemain kami pakaian itu,” tuturnya.

Jelas para pemain wanita Rusia tidak terbiasa mengenakan hijab saat bertanding. Namun faktanya tidak ada dampak apapun yang ditimbulkan di lapangan.

“Bahkan beberapa pemain saya memutuskan membawa pulang hijab yang diberikan tim Iran ke rumah,” ujar Yevgeniy Kuzmin.

Liga Futsal Pro 2020 Women – Foto: Federasi Futsal Indonesia

Di Indonesia pemain futsal wanita memakai jilbab juga sudah biasa. Di Liga Futsal Pro Women, banyak pemain nyaman dengan memakai jilbab.***

Sumber: TASS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button