Sepakbola

Korea Utara Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022, Korsel Bereaksi

Korea Utara mundur dari lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Minggu 16 Mei 2021 AFC menerima surat pengunduran diri dari negara tersebut.

“AFC telah mengkonfirmasi penarikan asosiasi sepak bola setempat dari Kualifikasi zona Asia,” begitu pernyataan resmi Konfederasi Sepak Bola Asia.

Pyongyang belum memberikan alasan resmi mengapa mundur dari kualifikasi. Rencananya kualifikasi dilanjutkan pada Juni mendatang.

Media Korea Selatan melaporkan mundurnya tetangga mereka itu karena kekhawatiran COVID-19.

Karena penyebaran virus corona, belum ada kualifikasi lagi di Asia sejak November 2019. Untuk mengurangi tantangan global, diputusan kualifikasi dilanjutkan dengan sistem home tournament.

Baca Juga: Sekjen Partai Berkuasa Komentari Soal Opsi Olimpiade Tokyo 2020

Korea Selatan dijadwalkan menjadi tuan rumah buat Korea Utara, Turkmenistan, Libanon, dan Srilanka. Grup H rencananya dilanjutkan pada 3-15 Juni 2021 di Goyang, utara Seoul.

AFC informasinya akan merujuk keputusan tentang bagaimana efek mundur itu mempengaruhi klasemen Grup H. Namun konsultasi dulu dengan FIFA.

Keputusan mundur ini juga berarti Korut praktis absen di Piala Asia 2023. Karena Kualifikasi Piala Dunia 2022, sekaligus dipakai untuk kualifikasi putaran kedua Piala Asia 2023.

Korut sejak Maret lalu juga sudah memutuskan keluar dari Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021. Tidak ada satupun atlet dari Korea Utara yang akan turun. Semua untuk melindungi atletnya dari infeksi virus corona.***

Sumber: AP News

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button