Futsal

Lebih Dekat dengan Kiper Timnas Futsal Portugal, Edu Sousa

Cerita lebih dekat dengan kiper Timnas Futsal Portugal, Edu Sousa, bisa disimak dalam artikel ini.

“Itu adalah hari yang luar biasa ketika saya mengenakan jersey timnas dan menyanyikan lagu kebangsaan,” kata Eduardo Filipe Sousa atau Edu Sousa kepada FIFA.com.

Dia coba mengingat debutnya bersama Timnas Futsal Portugal, dalam pertandingan persahabatan melawan Prancis pada 3 Desember 2019.

“Saya sangat emosional dan cukup gugup. Saya tidak percaya ada di sana,” ucap dia.

Debut itu datang sebagai hadiah perjalanannya yang panjang, yang akhirnya jersey Timnas Futsal Portugal adalah pencapaian terbesarnya.

Sempat di Sepak Bola

Eduardo Sousa pindah ke Spanyol bersama keluarganya saat berusia 12 tahun. Saat itu futsal sudah ada dalam darahnya.

“Ayah bermain sepak bola dan futsal secara profesional dan itu telah menjadi bagian dari hidup saya sejak kecil. Saya selalu menyukai futsal,” ujarnya.

Tidak biasa bagi pemain futsal mencoba sepak bola, meski tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa futsal adalah jalan hidupnya.

“Saya mulai bermain sepak bola 11 vs 11 untuk Eibar, tetapi beralih ke futsal saat bermain dengan teman-teman,” kata kiper berusia 24 tahun itu.

“Saya langsung jatuh cinta. Saya menyadari bahwa bisa menyelamatkan lebih banyak bola di futsal daripada sepak bola. Maka saya memutuskan mengambil perubahan,” tuturnya.

Karier di Futsal

Eduardo Sousa memulai karier dengan CD Debabarrena, lalu Zierbena FS di negara bagian Basque. Setelah itu teken kontrak untuk Osasuna Magna pada 2017, yang bermain di Liga Primera RFEF Futsal.

Kariernya mulai menanjak dan mencapai titik balik di musim 2019/2020. Momennya saat bergabung dengan Vina Albali Valdepenas dan terpiih sebagai kiper terbaik liga.

Baca Juga: Daftar Nama Wasit yang Bertugas di Piala Dunia Futsal 2021

Penghargaan itu mengakhiri tahun yang luar biasa bagi Eduardo Sousa. Ketika itu ia membantu klub mencapai final liga dan mencatat debut di Portugal.

“Saya meninggalkan Osasuna Magna karena tidak dapat kesempatan yang diinginkan. Saya akhirnya mengalami tahun yang luar biasa, memenangi penghargaan itu dan dipanggil ke Timnas Futsal Portugal,” ungkap dia.

Bersaing dengan Veteran

Sekarang Eduardo Sousa menjadi salah seorang kiper futsal terbaik di Spanyol. Langkah selanjutnya adalah berbicara banyak bersama Portugal di Piala Dunia Futsal 2021 Lithuania.

Tugas itu tidak akan mudah, karena dalam skuat nasional futsal Portugal juga bercokol dua kiper berpengalaman: Bebe dan Andre Souza.

“Saya akan head to head dengan dua kiper futsal legendaris Portugal. Mereka adalah veteran yang telah bermain untuk Timnas Futsal Portugal selama bertahun-tahun,” kata Sousa.

“Mereka mengatakan kepada saya sejak hari pertama untuk bisa mengambil langkah nyata dalam persaingan. Jadi saya harus bekerja keras dan coba membuat Piala Dunia Futsal 2021 atau Piala Eropa Futsal 2022, menjadi tempat buat saya sepenuhnya,” tutur Eduardo Sousa.

Harapan di Lithuania 2021

Portugal datang ke Lithuania sebagai juara bertahan Piala Eropa Futsal. Maka itu bakal memberi motivasi tersendiri.

“Sangat penting untuk memiliki status itu di Piala Dunia Futsal. Kami akan lebih santai dan percaya diri, serta status itu akan membuat kami dihormati para rival,” ujarnya.

Finis di peringkat keempat Piala Dunia Futsal 2016, Portugal ingin menebusnya pada edisi 2021 di Lithuania. Tebusan itu adalah lolos ke final dan menjadi juara.

Baca Juga: Jadwal Futsal AFC U20 2023, Kualifikasi Mulai Oktober 2022

“Anda perlu sedikit keberuntungan. Tapi Portugal sudah mengambil langkah besar saat memenangi Piala Eropa Futsal 2018. Kami punya banyak pemain berkualitas dan harus menunjukkan kemampuan itu,” tuturnya.

Di Piala Dunia Futsal 2021, Portugal ada di Grup C. Satu tempat dengan Thailand, Maroko, dan Kepulauan Solomon.

“Tiga pesaing ini mungkin relatif tidak dikenal, tapi mungkin akan ada satu atau dua kejutan. Karena kita tahu tim yang paling tidak Anda tahu, jadi paling sulit untuk dipersiapkan. Tim manapun bisa memberi masalah di level Piala Dunia Futsal,” kata Eduardo Sousa.***

Sumber: FIFA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button