Sepakbola

Masa Depan Ezra Walian di Timnas Indonesia Makin Tak Jelas

Status naturalisasi Ezra Walian masih bermasalah. Meski sudah resmi mengantongi paspor Indonesia, tapi dia belum bisa membela skuad Garuda di ajang internasional naungan FIFA.

Sebabnya sampai sekarang PSSI tak mampu melakukan lobi kepada FIFA. Memorandum yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) tentang status sang pemain yang pernah jadi bagian mereka menjadi masalah utama.

Baca juga: 5 Hari Pemusatan Latihan, Timnas Indonesia Alami Perkembangan

FIFA masih belum bisa mensahkan status Ezra Walian sebagai bagian dari Timnas Indonesia karena hal ini. Dan PSSI pun tak berkutik dengan aturan yang ada.

“FIFA kan sudah mengeluarkan notes seperti itu. Mereka bilang ‘Anda sudah tahu keputusannya’. Biasalah kalau FIFA,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi saat ditemui usai Kongres Tahunan PSSI, kemarin.

Yunus Nusi mengatakan pihaknya tak berhenti begitu saja dalam mengupayakan status pemain Persib Bandung tersebut. Harapannya ada celah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya perubahan regulasi.

“Mudah-mudahan ketika akan ada perubahan regulasi, nanti Departemen Teknik Timnas selalu tanyakan kepada FIFA,” tuturnya.

PSSI sendiri tak memiliki target untuk mengupayakan Ezra lolos dari aturan ini dan segera berseragam Timnas Indonesia. Karena semuanya masih tergantung kepada FIFA.

Meski tak bisa bermain di level internasional naungan FIFA, Ezra berpeluang main di kejuaraan semacam SEA Games. Kebetulan tahun ini akan digelar di Vietnam.

Tapi untuk soal dipanggilnya Ezra ke skuad Garuda, Yunus menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih Shin Tae-yong. Karena dia yang tahu akan kebutuhan tim.

Sumber foto: PSSI.org

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button