Olympic

Maverick Vinales: Naik Turun Bersama Yamaha

Maverick Vinales memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Yamaha pada akhir musim MotoGP 2021. Ini lebih cepat setahun dari kontrak yang sudah disepakati sejak awal.

Kabar yang sangat mengejutkan bagi pendukung Yamaha pada Senin 28 Juni 2021 ini. Banyak yang sangat menyayangkan keputusan ini dan bertanya-tanya apa yang menjadi sebabnya.

Baca juga: Valentino Rossi Jatuh karena Ban Depan Tak Maksimal

Menurut pembalap berusia 26 tahun tersebut, keputusan ini terpaksa dilakukan meski terasa sulit. Lima tahun bersama-sama banyak momen yang dijalani.

“Kemitraan ini sangat penting bagi saya selama lima tahun terakhir, dan itu membuktikan keputusan yang sulit untuk berpisah,” kata Vinales, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Lin Jarvis selaku petinggi Yamaha juga mengutarakan kesedihan yang sama. Tapi ketika berdiskusi di MotoGP Belanda, kedua belah pihak akhirnya bersepakat untuk berpisah.

“Dengan sedih kami akan mengucapkan selamat tinggal kepada Maverick di akhir tahun. Kami berada di pertengahan musim kelima kami bersama dan selama bertahun-tahun kami telah mencapai banyak pencapaian, tapi juga harus mengelola banyak posisi terendah,” tutur Jarvis.

Meski sudah sepakat berpisah, tapi Yamaha dan Vinales beranji akan semaksimal mungkin menjalani sisa MotoGP musim ini. Keduanya tak mau punya rekam jejak buruk.

5 Tahun Naik Turun

Bergabung dengan Yamaha sejak 2017, Vinales direkrut dari Suzuki. Tapi dia mampu memberi bukti yang bagus, dengan finis pertama pada seri pembuka di MotoGP Qatar.

Hasil itu mencatatkan dia dalam torehan sejarah MotoGP. Menjadi pembalap Yamaha kedua setelah Valentino Rossi yang bisa memenangkan balapan debutnya.

Tancap gas di musim pertamanya bersama Yamaha berbuah hasil positif. Pembalap asal Spanyol itu menempati peringkat ketiga klasemen pembalap MotoGP 2017.

Pada musim keduanya, perjalanan Vinales bersama Yamaha mendapat kesulitan. Sepanjang musim, total empat kali dia naik podium, dan sekali saja jadi juara pertama. Hasilnya peringkat keempat klasemen pembalap yang dia dapatkan.

Masuk ke MotoGP 2019, peringkat Vinales membaik, dengan ada di urutan ketiga. Dua kali dia menjadi juara pertama dengan total tujuh kali naik podium.

Penurunan performa Vinales bersama Yamaha terjadi pada MotoGP 2020. Dia harus puas mengakhiri musim dengan peringkat keenam klasemen pembalap.

Sumber foto: Yamaha MotoGP

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button