Olympic

Medali Emas Pertama Olimpiade Tokyo Jadi Milik China

Petembak asal China, Yang Qian berhasil menjadi atlet yang meraih medali emas pertama Olimpiade Tokyo 2020. Dia jadi yang terbaik saat turun dalam nomor rifle 10 meter putri di Asaka Shooting Range, Sabtu 24 Juli 2021.

Yang Qian memiliki catatan terbaik pada nomor ini. Total poin yang didapatkan petembak berusia 21 tahun tersebut mencapai 251,8.

Baca juga: Naomi Osaka Nyalakan Api Olimpiade Tokyo 2020 ke Kaldron

Torehan itu membuat Yang Qian unggul atas petembak dari Rusia (ROC), Anastasiia Galashina yang ada di urutan kedua dengan 251,1 poin. Menyusul kemudian wakil Swiss, Nina Christen dengan 230,6 poin.

Meraih medali emas pertama di Olimpiade Tokyo 2020 membuat Yang Qian bangga. Harapannya apa yang dia dapat ini bisa membuat publik China senang.

“Saya sangat bangga dan senang bisa memenangkan medali emas ini,” kata Yang Qian, dikutip dari laman resmi Olimpiade.

Diakui Yang Qian, tampil di ajang olahraga paling bergengsi dunia kali ini membuatnya gugup. Satu yang dia coba lakukan adalah mengendalikan emosi diri sendiri.

“Saya tidak terlalu banyak berpikir selama pertandingan karena saya gugup dan jantung saya berdetak dengan sangat cepat,” tuturnya.

Baca juga: Segini Biaya Upaca Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

“Jadi saya hanya berusaha menjadi diri sendiri dan mengendalikan emosi. Konsentrasi saja untuk menjadi diri sendiri,” imbuh Yang Qian.

Yang menarik dari hasil ini, sejatinya Yang Qian tidak terlalu gemilang dalam babak kualifikasi. Dia menempati urutan keenam dari delapan peringkat teratas yang diambil.

Justru petembak asal Norwegia, Jeanette Hegg Duestad yang memimpin perolehan poinnya. Tapi di putaran final, dia malah keluar dari tiga besar.

Sumber foto: Twitter

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button