Futsal

Mengapa Bola Futsal Harus Cocok dengan Jenis Lapangan? Ini Alasannya

FUTSAL adalah olahraga yang gampang. Mudah dimainkan di mana-mana. Tapi itu kalau levelnya amatir.

Tapi di futsal profesional, bermain futsal tidak semudah yang dibayangkan. Salah satunya harus jeli dalam memilih bola yang sesuai dengan jenis lapangan.

Ada alasan tersemdiri mengapa bola futsal harus cocok dengan jenis lapangan. Hal ini seperti disampaikan asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karmadi.

“Setiap lapangan pasti berbeda karena dari pantulan dan kecepatan bola akan berbeda. Jadi menyesuaikan bola dengan jenis lapangan itu sangat penting,” kata Sayan Karmadi, seperti dikutip dari futsalindonesia.org.

Seperti diketahui kebanyakan lapangan futsal dibuat dari bahan vinyl. Ada juga rumput sintesis seperti yang sering kita jumpai di tempat persewaan lapangan futsal.

Menyesuaikan bola dengan lapangan futsal akan memberi pengaruh terhadap kualitas passing, tembakan, dribel, hingga aliran atau perputaran bola itu sendiri.

“Pelatih juga harus tahu tentang jenis bola yang dipakai saat latihan dan bertanding,” kata Azhar Rahman, pelatih Young Rior, masih dikutip dari futsalindonesia.org.

Namun lebih dari itu setiap pemain futsal dituntut bisa cepat beradaptasi dengan bola dan lapangan. Apapun situasi dan kondisinya, sebagai pemain futsal profesional harus cepat beradaptasi.

Adapun bola futsal biasanya terbuat dari karet, polyurethane, hingga polyvinyl chloride. Biasanya yang dipakai untuk pertandingan profesional adalah polyurethane atau polyvinyl chloride.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button