Futsal

Panduan Recovery Fisik Pemain Futsal

Panduan recovery fisik pemain futsal bisa dibaca dalam artikel ini. Pemulihan kondisi tubuh atau recovery sangat penting bagi semua orang yang berprofesi sebagai atlet.

Recovery ini biasa dilakukan sebelum pertandingan. Jadi ketika masuk dalam pertandingan, kondisi badan sudah bagus.

Pelatih fisik Cosmo FC, Eko Prabowo, menjelaskan pemain dan pelatih kudu paham apa itu recovery. Hal ini supaya dapat hasil atau prestasi terbaik.

Bahkan recovery ini harus menjadi bagian dari program latihan. Jadi memang tidak bisa dinomorduakan.

“Saat menjalankan program latihan yang berat selama fase persiapan ataupun saat fase pertandingan, recovery dibutuhkan karena berhubungan erat dengan kembalinya kondisi tubuh ke keadaan sebelum pertandingan,” kata Eko Prabowo.

Baca Juga: Liga Futsal Vietnam 2021 Dimulai

Baca Juga: Liga Futsal Belum Jalan, Pemain Harus Ngapain?

“Setiap atlet futsal harus melakukan recovery dengan baik agar memperoleh penampilan yang maksimal dan optimal” Eko Prabowo yang juga dosen UNJ ini menambahkan.

Pastinya recovery ini menggambarkan kondisi kebugaran jasmani. Berkaitan dengan fungsi dan kerja jantung, paru-paru, pembuluh darah, hingga metabolisme otot.

“Ketika pemain futsal latihan dan bertanding, mereka secara fisiologis maupun psikologis pasti berdampak. Maka pemain dituntut menyeimbangkan latihan dengan gaya hidup sehat, dan istirahat yang baik,” ujar Eko Prabowo.

PANDUAN RECOVERY FISIK

Terkait panduan recovery fisik bagi pemain futsal, dikenal dua metode yang biasa diterapkan. Apa saja? Aktif dan pasif.

Pengertian recovery pasif adalah dilakukan secara berdiam diri, tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Hanya duduk, telentang, atau tiduran.

Kemudian recovery aktif adalah tetap beraktivitas, tetapi intensitasnya terbilang ringan. Misalnya joging atau jalan kaki.***

Sumber: Futsal Indonesia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button