Futsal

Pelatih Timnas Futsal Kuwait Sebut AFC Tidak Adil

PELATIH Timnas Futsal Kuwait Cacau memprotes keputusan AFC perihal penunjukan 5 negara yang dikirim ke Piala Dunia Futsal 2021.

Seperti diketahui AFC telah menetapkan kebijakan mencampur kriteria penunjukan langsung.

Kriteria pertama adalah menetapkan tiga besar Piala Asia Futsal 2018 untuk langsung berangkat ke Lithuania 2021. Ketiga negara itu adalah Iran, Jepang, dan Uzbekistan.

Kriteria berikutnya adalah dua tiket jatah Asia yang tersisa, ditentukan lewat play-off. Babak itu akan diikuti Thailand, Vietnam, Irak, dan Libanon.

Keempat negara itu diberi jatah main play-off, berdasarkan pencapaian di tiga edisi terakhir Piala Asia Futsal. Dalam hal ini 2014, 2016, dan 2018.

“Ini adalah kekalahan telak bagi futsal Kuwait. Sekarang yang bisa kami lakukan hanya bermimpi mencapai Piala Dunia Futsal di Lithuania,” kata Cacau yang bernama lengkap Ricardo Sobral.

“AFC tidak adil bagi Kuwait karena kami telah berinvestasi dalam proyek untuk bisa lolos ke Lithuania dalam tiga tahun,” ujar Cacau, seperti dikutip dari fut5al.ir.

“Sekarang AFC membawa Kuwait keluar dan memilih Irak, sebuah tim yang bahkan tidak berhasil melaju ke Piala Asia Futsal 2020,” tutur Cacau.

“AFC telah menghapus Kuwait tanpa kriteria apapun,” katanya.

Sekadar diketahui Kuwait seharusnya menjadi tuan rumah Piala Asia Futsal 2020 pada 2021. Tapi ajang itu dibatalkan karena tantangan global pandemi COVID-19.

Piala Asia Futsal 2020 seharusnya dipakai untuk kualifikasi Piala Dunia Futsal 2021. Karena dibatalkan, maka AFC melakukan penunjukan langsung.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button