Esport

Penonton M3 Lebih Banyak dari The International 10

Kejuaraan Dunia Mobile Legends edisi ketiga (M3) muncul sebagai kejuaraan esports yang paling populer sejauh ini. Diselenggarakan 6 hingga 19 Desember 2021 di Singapura, sebanyak 16 tim turut serta meramaikannya.

Tim yang ikut mewakili beberapa regional. Mulai dari Asia, Amerika Latin dan Tengah, Timur Tengah, dan Eropa. Mereka memperebutkan gelar juara yang akhirnya diraih oleh Blacklist International asal Filipina.

Baca juga: Oheb Blacklist International MVP

Turnamen ini disiarkan melalui tujuh platform, yakni Youtube, Twitch, Nimo TV, Facebook, Tiktok, VK Live, dan Trovo. Namun, platform Youtube yang paling banyak dengan rasio 52 persen. Dan ditambah dari Nimo dengan 30 persen.

Yang menarik adalah data dari Esports Charts. Di mana mereka mencatat rekor penonton tertinggi didapatkan saat RRQ Hoshi melawan Onic PH pada upper bracket play-off sebanyak 3,1 juta.

Jumlah itu menempatkan M3 sebagai turnamen esports yang paling populer di tahun ini. Mereka bahkan bisa menyalip turnamen game PC seperti The International dari Dota 2 dan PGL Major Stockholm dari CS:GO.

Siaran turnamen kali ini juga terbagi dalam beberapa bahasa. Indonesia memiliki kenaikan 32 persen dibanding Kejuaraan Dunia Mobile Legends edisi yang sebelumnya. Sedangkan untuk bahasa Inggris jadi tertinggi sebesar 220 persen.

Baca juga: Blacklist International Juara

Jumlah jam menonton sepanjang edisi kali ini juga memiliki kenaikan mencapai 46 persen. Ini terjadi tak lepas dari lamanya turnamen total tayangannya selama 42 jam lebih lama dari M2.

Sumber foto: Instagram

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button