Sepakbola

Polemik PSIS dan Arema FC soal Carlos Fortes

PSIS Semarang membuat kejutan. Pada Jumat 31 Maret 2022, mereka mengumumkan dua pemain asing baru, yakni Carlos Fortes dan Taisei Marukawa.

Di musim lalu, Fortes bermain untuk Arema FC. Sedangkan Marukawa adalah salah satu bintang lapangan milik Persebaya Surabaya.

Baca juga: Tangis Jack Komboy Pecah Usai Persipura Degradasi

Beberapa jam setelah pengumuman PSIS, ada pernyataan resmi dari Arema FC. Mereka menyayangkan keputusan pemain berpaspor Portugal yang memilih sepakat dengan klub baru.

Dalam pernyataan resminya, Arema FC menegaskan jika kontrak Fortes dengan mereka masih tersisa satu bulan lagi. Dan mereka menganggap pengakhiran kontrak terlalu dini.

“Tentu sangat disayangkan atas apa yang dilakukan oleh Carlos Fortes. Ikatan kerjasama kontrak antara Carlos Fortes dan Arema FC berakhir pada 30 April 2022 mendatang,” ungkap media officer Arema FC, Sudarmaji.

Manajemen Arema FC menilai harusnya Fortes lebih dulu berkomunikasi dengan manajemen. Tapi, pencetak 20 gol di Liga 1 2021/2022 itu memilih jalan lain.

Fortes kemudian menyatakan pembelaan melalui Instagram pribadinya. Dia menegaskan langkah yang diambil memiliki landasan aturan FIFA.

“Arema tidak pernah menghubungi saya secara langsung untuk memperbarui kontrak saya,” tulis Fortes.

“Dalam tiga bulan terakhir kontrak, saya dapat bernegosiasi dan menandatangani dengan klub lain (hukum FIFA),” imbuhnya.

Baca juga: Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022

Apa yang dinyatakan oleh Fortes tertuang dalam pasal 18 ayat 3 aturan status dan transfer pemain FIFA. Yang di mana berbunyi, ‘Seorang profesional bebas untuk membuat kontrak dengan klub lain jika kontrak dengan klubnya saat ini telah berakhir atau akan berakhir dalam waktu enam bulan’.

Sumber foto: Instagram

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button