Futsal

Prestasi Futsal Indonesia di Berbagai Ajang Internasional

Daftar prestasi futsal Indonesia di ajang internasional bisa dibaca dalam artikel ini. Semua lengkap hanya di satuina.com.

Bicara futsal Indonesia berarti kita sedang membahas partisipasi klub dan timnas di pentas internasional. Apa saja prestasi yang sudah diraih futsal Indonesia? Mari kita ulas satu per satu.

Kita mengawali dari catatan di Piala Dunia Futsal. Indonesia belum pernah lolos ke putaran final pesta futsal dunia ini.

Baca Juga: Prestasi Indonesia di AFC Futsal U20 2019, Terbaik!

Piala Dunia Futsal berlangsung sejak 1989. Tapi belum sekalipun Indonesia bisa lolos ke putaran final.

Piala Asia Futsal

Timnas Futsal Indonesia

Beralih ke pentas Piala Asia Futsal. Indonesia sudah 9 kali lolos ke putaran final pesta futsal Asia.

Pertama kali Indonesia main di Piala Asia Futsal pada 2002. Ketika bertindak sebagai tuan rumah, sehingga lolos otomatis.

Partisipasi berikutnya pada 2003, lalu 2004, 2005, 2006, 2008, 2010, 2012, dan 2014. Pada 2016 tidak aktif karena PSSI dibekukan FIFA. Kemudian pada 2008 tidak lolos ke putaran final.

Pada 2020 Timnas Futsal Indonesia lolos ke pentas Asia. Tapi ajang di Kuwait itu dibatalkan AFC karena COVID-19.

Sepanjang lolos ke putaran final Piala Asia Futsal, Indonesia selalu mentok di fase grup. Jadi tidak pernah lolos ke babak gugur.

Piala AFF Futsal

Timnas Futsal indonesia

Bagaimana dengan prestasi Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF? Sejak ajang ini digelar mulai 2001, Indonesia baru pernah sekali juara.

Prestasi terbaik itu datang pada 2010 saat Piala AFF Futsal diselenggarakan di Vietnam. Dalam pertandingan final Indonesia menang atas Malaysia.

Baca Juga: Gambaran Wajah Baru Liga Futsal Pro 2021

Ketika itu Piala Asia Futsal 2010 menjadi sangat seru, karena Thailand yang sudah berkali-kali juara menyatakan tidak ikut. Dan, akhirnya Indonesia yang giliran menjadi juara.

Dalam partisipasi terakhir sebelum corona, tepatnya Piala AFF Futsal 2019, Indonesia keluar sebagai runner-up. Di final kalah dari Thailand.

SEA Games

Berikutnya adalah prestasi Indonesia di cabor futsal SEA Games. Dalam pesta oiahraga Asia Tenggara ini, prestasi terbaik Indonesia adalah medali perunggu.

Pencapaian itu dicatat pada SEA Games 2007, 2011, dan 2013. Pada SEA Games Singapura 2015 futsal tidak dipertandingkan.

Kemudian pada SEA Games 2017 Indonesia finis di urutan keempat. Kalau 2019 di Manila, futsal tidak digelar.

Piala Asia Futsal U-20

Timnas Futsal Indonesia U-20

Namun ada prestasi yang membanggakan dari Timnas Futsal Indonesia U-20. Mereka pernah menempati peringkat keempat dalam Piala Asia Futsal U-20 2019 yang berlangsung di Iran.

Indonesia yang ditangani coach Kensuke Takahashi mampu menempati peringkat empat Asia U-20.

Hal itu adalah peningkatan prestasi karena pada 2017 di Thailand, Indonesia U-20 melangkah sampai perempat final.

Timnas Futsal Putri

Timnas Futsal Indonesia Putri

Sementara untuk prestasi Timnas Futsal Putri Indonesia adalah medali perunggu SEA Games 2017. Selebihnya dalam semua partisipasi apapun, Indonesia jarang mencatat prestasi.

Paling banter adalah lolos sampai perempat final Piala Asia Futsal Putri pada 2018 di Thailand. Kemudian peringkat keempat AIMAG atau Asian Indoor and Martial Arts Games, pada 2013 di Korea Selatan.

Demikian rangkaian prestasi futsal Indonesia yang dicatat timnas di berbagai ajang internasional.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button