Esport

PSSI dalam Persiapan membentuk Timnas Esports Indonesia

Turnamen esports sepakbola bertajuk ePiala Indonesia 2021 dihelat oleh PSSI. Kejuaraan yang berlangsung sejak 1 hingga 3 pril 2021 itu menjadi yang pertama kali dihelat oleh federasi.

Sebanyak 48 pemain profesional turut meramaikan gelaran ePiala Indonesia 2021. Tujuan dari ajang ini sekaligus untuk membentuk Timnas eFootball Indonesia yang akan diikutsertakan dalam FIFA eNation Cup 2021.

Game yang dimainkan pada ePiala Indonesia 2021 adalah 90 OVR dan FIFA Ultimate Team (FUT). Babak kualifikasi diselenggarakan secara offline, sedangkan 16 besar hingga final digelar online.

“Geliat sepakbola Indonesia memang tinggi. Para pendukung dan pecinta sepakbola ada di seluruh Indonesia tanpa mengenal batas usia, apalagi ketika mendukung tim nasional,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“ePiala Indonesia menjadi wadah sekaligus kesempatan yang bagus untuk menjaring pemain-pemain potensial di dunia esport khususnya sepakbola, yang nantinya kemudian akan terbentuk skuad Timnas eFootball Indonesia pertama kalinya,” imbuhnya.

Yang menarik dari ePiala Indonesia 2021, ada dua pemain usia muda yang ikut berpartisipasi. Mereka adalah Kevin Naufal Firmansyah asal Jawa Barat dan Muhammad Dzaky Firdaus dari Sulawesi Selatan.

Naufal sat ini usia menginjak 20 tahun. Sedangkan Dzaky berusia 17 tahun. Meski berusia muda, tapi keduanya berhasil melangkah sampai ke babak 8 besar dengan mengalahkan pemain yang lebih berpengalaman.

“Saya merasa deg-degan ketika mengikuti turnamen ini. Apalagi untuk lolos ke babak 8 besar saya bertemu dengan kak Guntur Wicaksono. Kak Guntur adalah pemain yang cukup dikenal di kalangan pemain FIFA, sementara saya jarang menggunakan mode permainan FIFA Ultimate Team (FUT). Saya senang sekali bisa ikut turnamen ini dan mengalahkan salah satu pemain kuat di turnamen” ungkap Dzaky.

Sumber foto: Pssi.org

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button