Sepakbola

PSSI Mau Terapkan 6 Wasit di Pertandingan Liga 1

PSSI memiliki gagasan untuk menugaskan enam orang wasit dalam memimpin sebuah pertandingan Liga 1 2021/2022. Ini tak lepas dari banyaknya kontroversi yang terjadi hingga kompetisi memasuki pekan ke-13.

Namun, untuk menerapkan gagasan itu, perlu izin dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Dan jika disetujui, akan langsung diterapkan sehingga dapat meminimalisir kontroversi yang terjadi seperti beberapa waktu belakangan.

Baca juga: Bambang Suryo Atur Wasit Bicara Bohong di Mata Najwa

Gagasan enam wasit ini memiliki rincian terbaru. Di mana, dua tambahan lainnya akan ditugaskan di belakang garis gawang. Hal yang pernah diterapkan dalam kompetisi Eropa sebelumnya adanya video assistant referee (VAR).

Permasalahan ini menjadi salah satu bahasan hangat dalam rapat Komite Eksekutif PSSI. Mereka memikirkan bagaimana caranya untuk mengurangi kontroversi yang terjadi. Departemen Wasit pun dilibatkan dalam pertemuan tersebut.

Untuk menerapkan penggunaan VAR, tentu saja tidak akan mudah karena butuh modal besar. Mereka mau tak mau harus mencari solusi terbaik yang bisa diterapkan secepatnya. Rencananya, pada Liga 1 seri keempat ini sudah bisa diaplikasikan.

Baca juga: Terlibat Pengaturan Skor dan Dilaporkan ke Polisi

‘’Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. Kami ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia,’’ kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sumber foto: Ofisial

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button