Futsal

Rangkuman Sejarah Futsal dari Pertama Diciptakan Hingga Sekarang

SEPERTI apa sejarah futsal hingga bisa menjadi populer seperti sekarang? Apakah ini terhitung olahraga baru? Atau malah sudah berpuluh-puluh tahun ada?

Artikel ini akan membahas tentang sejarah futsal yang sekarang sangat eksis. Dimainkan di banyak negara dunia. Baik tua-muda, dewasa-remaja, bahkan anak-anak.

Futsal berasal dari Bahasa Spanyol, yaitu futbol sala. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah sepak bola ruangan.

Baca Juga: Head to Head Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di SEA Games

Olahraga futsal pertama kali diperkenalkan di Montevideo, Uruguay, pada 1930. Kala itu ada seorang guru bernama Juan Carlos Ceriani, yang memindahkan sepak bola ke dalam ruangan. Tujuannya buat rekreasi.

Aturan baku futsal baru mulai disusun pada 1933. Tujuan Ceriani memindahkan sepak bola ke dalam ruangan, semata buat rekreasi dan kepraktisan bermain.

Tentu saja aturan yang disusunnya berkiblat ke sepak bola. Tapi ada aturan dari cabang olahraga lain yang ikut diadopsi, misalnya jumlah pemain seperti basket, lalu aturan kiper sama dengan polo air, hingga ukuran lapangan serta gawang yang mirip handball.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Futsal yang Nyaman Buat Anda

Terdapat dua organisasi yang mengatur futsal. Dua organisasi itu adalah Asociacion Mundial de Futsal atau AMF, dan Federation Internationalee de Football Association (FIFA).

AMF adalah organisasi penerus badan pengelola asli futsal. Kalau FIFA baru tertarik dengan futsal setelah berpuluh-puluh tahun kemunculan olahraga ini.

FIFA dan AMF sempat bertemu untuk bersatu mengelola futsal. Tapi pembicaraan tidak menemui titik temu. FIFA dan AMF lantas menggelar kejuaraan tingkat dunia sendiri-sendiri. Tapi kompetisi Piala Dunia Futsal yang dikelola FIFA yang akhirnya lebih populer.

Di FIFA buku pegangan yang dipakai adalah Laws of The Game. Itu menjadi panduan dalam menggelar pertandingan futsal.

Buku suci itu berisi 17 pasal yang sudah mencakup semua aspek dalam penyelenggaraan olahraga futsal. Jadi itu adalah buku wajib yang harus diketahui para pelaku futsal.

Namun FIFA tidak menerbitkan peringkat dunia untuk futsal. Tidak seperti sepak bola yang setiap tiga bulan dirilis peringkatnya.

Kalau FIFA punya Piala Dunia Futsal, maka di tingkat konfederasi ada AFC Futsal Championship, Africa Futsal Cup of Nations, Concacaf Futsal Championship, Copa America de Futsal, Oceanian Futsal Championship, hingga UEFA Futsal Championship.

Di Olimpiade cabang olahraga futsal juga dipertandingkan. Tapi masih sebatas untuk cabor di Youth Olympic atau Olimpiade Remaja.

Demikian rangkuman sejarah futsal sejak pertama kali diciptakan hingga sekarang.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button