Futsal

ROC di Tokyo 2020, RFU di Piala Dunia Futsal 2021

ROC di Tokyo 2020, RFU di Piala Dunia Futsal 2021. Siapa ROC? Siapa RFU?

Itu adalah singkatan dari Russia Olympic Committee. Tapi dalam praktiknya tidak boleh dipanjang. Tetap harus disingkat ROC.

Apa alasannya?

Jadi olahraga Rusia sedang menjalani hukuman dari IOC, terkait penggunaan doping atlet secara massif dan terstruktur, beberapa tahun lalu.

Hukuman ditetapkan selama empat tahun. Tapi Badan Anti-Doping Rusia (RUSADA) mengajukan banding ke CAS, dan dapat potongan hukuman dua tahun.

Baca Juga: Alasan Tidak Boleh Ada Rusia di Tokyo 2020

Maka sejak 2020 Rusia di setiap ajang resmi cabang olahraga di bawah IOC, baik Olimpiade, kejuaraan dunia, dan lain-lain, tidak boleh memakai nama Rusia.

Kalau menang atau juara juga tidak ada lagu kebangsaan yang diputar. Hanya diperdengarkan lagu Piano Concerto No. 1 karya komposer Rusia.

Baca Juga: Kisah Hijab Mewarnai Lapangan Futsal

Tapi atlet tetap boleh bermain membawa bendera ROC. Nah ajang internasional paling dekat setelah Olimpiade adalah Piala Dunia Futsal 2021. Kebetulan Rusia juga lolos ke putaran final di Lithuania.

Maka nama Timnas Futsal Rusia tidak akan dipakai di Lithuania 2021. Diganti dengan RFU alias Russia Football Union, tapi tidak boleh dipanjangkan karena ada kata Rusia, tetapi harus RFU.

Di Piala Dunia Futsal nanti RFU sesuai undian masuk Grup C. Bersama Uzbekistan, Guatemala, dan Mesir. Lithuania 2021 berlangsung mulai 12 September hingga 3 Oktober.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button