Olympic

Sanksi WADA Segera Dicabut, Eko Yuli Irawan Senang

Indonesia bakal segera terbebas dari sanksi WADA. Sebab, upaya dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi Badan Anti Doping Dunia, Raja Sapta Oktohari menemukan titik terang.

Pada Februari 2022 mendatang, Indonesia sudah terbebas. Hal ini membuat bendera Merah Putih sudah bisa kembali dikibarkan di kejuaraan level internasional. Lifter Eko Yuli Irawan senang dengan hal ini.

Baca juga: Berharap Ada Kemudahan Karantina Atlet

“Kepuasan atlet itu tatkala menjadi juara dan naik di atas podium menyanyikan lagu Indonesia Raya sembari melihat bendera Merah Putih bisa berkibar. Saya salut dan berterima kasih kepada Pak Okto dan tim yang sudah sukses mengusahakan bendera Merah Putih kembali berkibar,” kata Eko Yuli.

Sedianya sanksi WADA akan dijalankan Indonesia hingga 7 Oktober 2022. Tapi jelas syaratnya harus memenuhi keinginan badan dunia terkait standar pengawasan doping.

Okto yang memiliki kelihaian dalam melakukan diplomasi ditunjuk oleh Menpora Zainudin Amali untuk menyelesaikan masalah ini. Kebetulan pula dia merupakan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Baca juga: Novak Djokovic Akhirnya Angkat Kaki dari Australia

“Tidak gampang bisa menyelesaikan dalam waktu cepat. Pak Okto membantu menyelesaikan masalah ini tiga bulan, padahal sanksi seharusnya satu tahun. Ini prestasi luar biasa. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras pak Okto selaku Ketua Gugus Tugas yang melakukan diplomasi dengan petinggi WADA,” kata Eko Yuli.

Sumber foto: KOI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button