Olympic

SEA Games 2021 Resmi Ditunda, Vietnam Ditekan Soal Tanggal Baru

Federasi SEA Games akhirnya mengabulkan permohonan Vietnam untuk menunda pesta olahraga dua tahunan ini pada 2021. Jadi SEA Games 2021 resmi ditunda.

Vietnam merupakan tuan rumah SEA Games 2021. Mereka kali terakhir menjadi tuan rumah pada 2003.

Kamis 8 Juli 2021 Federasi SEA Games dalam pertemuan virtual yang diselenggarakan, menerima permohonan Vietnam untuk menunda penyelenggaraan.

COVID-19 di Vietnam yang sedang melonjak, membuat negara itu terus melakukan lobi kepada negara-negara peserta. Sebab mayoritas negara peserta awalnya menolak proposal penundaan.

Sebelumnya hanya Myanmar yang mendukung proposal penundaan dari Vietnam. Kalau Timor Leste abstain. Sisanya ramai-ramai menolak, termasuk Indonesia.

Pekan ketiga Juni lalu Vietnam diberi waktu untuk berpikir lagi. Sekaligus melakukan berbagai lobi kepada negara peserta.

Hasilnya Vietnam seperti mendapat tambahan dukungan, karena Federasi SEA Games akhirnya menyetujui penundaan penyelenggaraan. Bahkan keputusan itu diambil secara bulat.

Vietnam meminta SEA Games 2021 ditunda 2022, dengan proyeksi penundaan sampai Maret, April, atau Mei.

Informasi ini seperti disampaikan Abraham Bambol Tolentino, Presiden Komite Olimpiade Filipina.

Baca Juga: Vietnam Minta SEA Games 2021 Ditunda

“Mereka menginginkan SEA Games 2021 pada 2022, jadi memilih Maret, April, atau Mei. Maka kami beri Vietnam waktu 10 hari untuk memutuskan. Dalam hal ini kami agak menekan Vietnam untuk mengambil keputusan,” kata Bambol, seperti dikutip dari sports.inquirer.net.

Mayoritas negara peserta SEA Games meminta Vietnam cepat dalam mengambil keputusan. Pasalnya mempersiapkan kontingen untuk turun di sebuah ajang tidaklah mudah.

Apalagi pada 2022 padat agenda. Ada Olimpiade Musim Dingin (Februari), Asian Indoor and Martial Arts Games (10-20 Maret), Commonwealth Games (28 Juli-8 Agustus), hingga Asian Games (September).

Sikap Indonesia

Sementara Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J. Kono membenarkan mayoritas negara peserta akhirnya setuju SEA Games 2021 ditunda.

“Pandemi COVID-19 varian baru sedang tinggi. Atas dasar itu kami bersepakat SEA Games 2021 ditunda. Indonesia turut mendukung sebagai solidaritas kawasan, walaupun kami juga menyatakan kekecewaan,” katanya.

Kekecewaan Indonesia dan negara-negara lain karena persiapan para atlet sudah dilakukan. Tapi apa boleh buat karena faktanya varian baru COVID-19 sedang melonjak.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia Futsal 2022 Ditunda

“Tanggal baru belum diputuskan. Panitia Vietnam harus bicara dengan pemerintah mereka. Sejauh ini yang disepakati keputusan tanggal baru diambil setelah Olimpiade Tokyo 2020,” tutur Ferry J. Kono.

Demikian informasi soal SEA Games 2021 resmi ditunda, Vietnam diberi waktu 10 hari tentukan tanggal baru.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button