Sepakbola

Singapura Vs Indonesia, Duel Penuh Tekanan yang Melelahkan

Singapura Vs Indonesia dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu malam WIB 22 Desember 2021 berakhir imbang 1-1. Pemegang tiket ke babak final akan ditentukan dalam tiga hari lagi.

Indonesia sempat unggul lebih dulu pada pertandingan ini melalui Witan Sulaeman. Pada menit 28, dia berhasil meneruskan umpan silang mendatar dari Asnawi Mangkualam Bahar dengan sangat baik.

Baca juga: Hati-hati di Pertemuan Pertama

Tapi di babak kedua, Singapura bisa bangkit. Mereka memberi tekanan terus menerus ke pertahanan Indonesia, dan akhirnya menyamakan kedudukan lewat Ikhsan Fandi pada menit 70.

Hasil imbang ini diwarnai dengan satu momen kontroversial. Di mana ada pelanggaran yang dilakukan kepada Ricky Kambuaya di dalam kotak penalti. Tapi, wasit malah menganggap itu ada di area luar.

“Saya belum melihat tayangan ulang dari insiden itu, tapi saya pikir itu ada di dalam kotak penalti meski tanpa video. Kami harus hormati keputusan wasit,” kata pelatih Indonesia, Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai, para pemainnya memang mengalami kelelahan. Dan itu yang dimanfaatkan oleh Singapura untuk terus memberi tekanan sembari menanti celah yang ada.

“Anda bisa lihat para pemain lelah selama babak kedua dan itu memberi momentum kepada Singapura. Sekarang kami harus fokus pada pemulihan dan bersiap untuk leg kedua,” tuturnya.

Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida menganggap anak asuhnya terlihat grogi di babak pertama. Tapi mereka bisa kembali mendapatkan ritme permainan terbaik pada babak kedua. Tidak mudah memang bermain di laga Singapura vs Indonesia kali ini.

Baca juga: Timnas Indonesia Menolak Panik

“Mungkin beberapa pemain gugup pada awalnya. Bermain di kandang sendiri dalam pertandingan seperti ini, tapi itu semua cuma terjadi di babak pertama saja,” katanya.

Sumber foto: AFF

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button