Sepakbola

Timnas Rusia Dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2022

FIFA memutuskan untuk mencoret Timnas Rusia dari keikutsertaan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropra. Sedianya mereka akan memainkan babak play-off pada bulan ini.

Tapi karena adanya invasi Rusia ke Ukraina, FIFA memilih untuk ikut merespons. Mereka mengambil langkah ini sebagai bentuk protes terhadap keputusan politik negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut.

Baca juga: Roman Abramovich Kena Dampak Invasi Rusia ke Ukraina

Pengumuman itu juga memberi dampak kepada klub-klub Rusia yang terlibat dalam kompetisi Eropa. Karena UEFA bertindak selaras dengan FIFA. Bahkan kerja sama dengan Gazprom juga diakhiri.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua Tim Rusia, baik tim perwakilan nasional maupun klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” demikian pernyataan resmi FIFA.

Keputusan FIFA dan UEFA ini mendapat kritik dari Federasi Sepakbola Rusia (RSF). Mereka menganggap kedua lembaga tersebut melakukan diskriminasi.

Mengingat banyak orang yang bergantung kepada klub, mulai dari pelatih, pemain, hingga pegawai. Tapi FIFA dan UEFA tetap pada sikap pertama.

Baca juga: Final Liga Champions 2021/2022 Batal di Rusia

Mereka tak lagi mau bersikap tanggung dan sempat dikritik negara lain. Karena banyak negara yang sudah menegaskan tak mau bermain melawan Timnas Rusia.

Foto: FIFA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button