Olympic

Veddriq Leonardo Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin mencatat rekor dunia panjat tebing. Mereka bersaing dalam final nomor speed putra dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2021.

Ajang itu berlangsung di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Pada Jumat 28 Mei 2021 petang waktu setempat, atau Sabtu pagi hari WIB.

Pertama-tama Kiromal Katibin memecahkan rekor dunia dengan waktu 5,258 detik. Catatan waktu itu dibuat pada putaran pertama babak kualifikasi.

Baca Juga: Rekor Bigetron Red Aliens di PMPL Indonesia

Katibin memecahkan rekor dunia sebelumnya atas nama Reza Alipourshenazandifar dari Iran. Rekor Reza dibuat dalam kejuaraan panjat tebing di Nanjing, April 2017. Katibin lebih tajam 0,222 detik.

Lalu di final Veddriq Leonaro yang bertemu Katibin mampu memecahkan rekor dunia yang baru diukir. Veddriq mencatat waktu 5,208 detik untuk memanjat dinding setinggi 15 meter.

Baca Juga: Rekor Penalti Bruno Fernandes ke Gawang Aston Villa

“Saya sangat senang bisa meraih medali emas dan memecahkan rekor dunia,” kata Veddriq Leonardo, seperti dikutip dari rilis resmi IFSC.

“Sangat luar biasa bisa bersaing dengan rekan satu tim. Kami tidak datang ke sini untuk menang, tapi untuk memecahkan rekor dunia,” ujar Veddriq, menambahkan.

Untuk peringkat ketiga atau medali perunggu nomor speed putra didapat atlet Polandia, Marcin Dzienski. Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2021 ini sempat disambangi Presiden AS Joe Biden. Ia meninjau latihan atlet sebelum berlangsungnya laga puncak.***

Sumber: IFSC

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button